Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya
pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Disamping
mampu menggunakan alat-alat yang tersedia guru juga dituntut untuk mengembangkan
keterampilan membuat media pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar , dua
unsur yang penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Menurut
Hamalik 1986) bahwa pemakain media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi an
rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap
siswa.
Encyclopedia of Educational Research dalam Hamalik (1994) merincikan
manfaat media pendidikan sebagai berikut:
1. Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir, oleh
karena itu mengurangi verbalisme.
2.
Mem[erbesar
perhatian siswa.
3.
Meletakkan
dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar sehingga membuat pelajaran
lebih mantap.
4.
Memberikan
pengalaman yang nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri
dikalangan siswa.
5.
Menumbuhakn
pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambaran hidup.
6.
Membantu
tumbuhnya pengertian yang membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
7.
Memberikan
pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu efisiensi
dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.
Menurut Kemp dan Dayton 1985Media pembelajaran memiliki dampak
positif dari penggunaan media sebagai bagian integral pembelajaran dikelas atau
sebagai cara utama pembelajaran langsung, adapun damapaknya positifnya adalah
sebagai berikut:
1.
Penyampaian
pelajaran menjadi lebih baku. Meskipun para guru menafsirkan isi pelajaran
dengan cara yang berbeda-beda, dengan penggunaan media ragam hasil tafsiran
dapat dikurangi sehingga informasi yang sama dapat disamapaikan kepada siswa
sebagai landasan untuk pengkajian, latihan dan aplikasi lebih lanjut.
2.
Pembelajaran
bisa lebih menarik. Media dapat diasosiakan sebagai penarik perhatian dan membuat
siswa tetap terjaga dan memperhatikan.
3.
Pembelajaran
menjadi lebih interaktif dengan diterapkanya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis.
4.
Lama
waktu pembelajaran dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memrlukan
waktu yang singkat.
5.
Kualitas
hasil belajar dapat ditingkatkan bilamana integrasi kata dan gambar sebagai
media pembelajaran dapat mengkomunikasikan elemen-elemen pengetahuan dengan
cara yang terorganisasikan dengan baik, spesifik dan jelas.
6.
Pembelajaran
dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan terutama jika media pembelajaran
dirancang untuk penggunaan secara individu.
7.
Sikap
positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses belajar
dapat ditingkatkan.
8.
Peran
guru dapat berubah kearah yang lebih positif.
Dari pendapat beberapa ahli, dapat disimpulkan manfaat
praktis dari media pembelajaran dlaam proses belajar mengajar, diantaranya
yaitu:
1.
Media
pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat
memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2.
Media
pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat
menimbulkan motivasi belaja, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan
lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan
kemampuan dan minatnya.
3.
Media
pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu.
4.
Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan
pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta
memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat dan
lingkungannya.
Daftar
Pustaka
Hamalik,
Oemar, 1994., Media Pendudikan, Bandung: Citra Aditya Bakti
Arsyad,
Azhar.,
2010, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Munadi, Yudhi., 2008. Media Pembelajaran: sebuah
Pendekatan Baru, Gaung Persada Ciputat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar