Kamis, 17 November 2011

Prospek dan Tantangan Teknologi Pendidikan di Era Globalisasi



Teknologi pendidikan merupakan penerapan prkatis pengetahuan untuk mengerjakn sesuatu yang kita innginkan dalam dunia pendidikan. Dalam perkembanganny, teknologi pendidikan mengalami tantangan di Era globalisasi. Oleh karena itu teknologi pendidikan harus memiliki prospek di era globalisasi. Teknologi pendidikan telah berkembang sebagai suatu disiplin keilmuan yang berdiri sendiri. Hal ini dilandasi oleh dasar yang dijadikan pemahaman secara falsafi, adapun dasar keilmuan itu meliputi:
1.      Ontology, yaitu rumusan tentang gejala pengamatan yang dibatasi pada suatu poliok telaah khusus yang tidak tergarap oleh bidang telaah lain.
2.      Epistemology, yaitu prinsip intelektual untuk memperoleh kebenaran dalam pokok telaah yang ditentukan.
3.      Aksiologi, yaitu nilai-nilai yang menentukan kegunaan dari pokok telaah yang ditentukan, yang mempersoalkan nilai moral atau etika dan nilai seni serta keindahan.
Menurut Ferdinan Brandel, prospek dari teknologi pendidikan adalah sebagai perbaikan proses serta sarana yang memungkinkan suatu genarasi yang menggunakan pengetahuan generasi sebelumnya. Sedangkan menurut AECT (Association for Educational dan Technology) menyebutkan bahwa prospek daripada teknologi pendidikan itu mencakup dua hal yang mendasar, antara lain:
1.      Untuk menganalisis masalah mencari, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pe,mecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
2.      Membentuk, menjembtani, mengatasi persoalan-persoalan pendidikan.
Masih banyak kerancuan yang menganggap bahwa cirri utama teknologi pendidikan adalah adanya peralatan atau sarana canggih dalam proses pendidikan. Teknologi pendidikan berbeda dengan “teknologi dalam dalam pendidikan”. Teknologi dalam pendidikan menuntut adanya sarana dalam kegiatan lembaga pendiidkan. Sedangkan teknologi pendidikan tidak menuntut adanya sarana tersebut, melainkan menekankan pada adanya proses untuk memperoleh nilai tambah.   Adapun bentuk prospek dan tantangan teknologi pendidikan di era globalisasi, yaitu:



  1. Prospek teknologi Pendiidkan di era globalisasi:
a.       Teknologi pendidikan harus mampu menciptakan knowledge society, yaitu masyarakat yang berkeyakinan bahwa pengetahuan dan keerampilan manusia jauh lebih penting daripada sumber alam, materu yang melimoah dan modal.
b.      Dengan fasilitas media pembelajaran (teknologi pendidikan), pendidikan harus dapar berjalan secara optimal.
c.       Teknologi pendidikan merupakan kebijakan dalam menyelesaikan problematika didalam dunia pendidikan.
d.      Teknologi pendidikan mampu menembus ruang dan waktu dalam komunikasi.
e.       Teknologi pendidikan dapat menampilkan berbagai jenis audio visual termasuk gambar diam, film, obyek, specimen, dll
f.       Teknologi pendidikan memberikan pengetahuan sains dalam mengajar
g.      Teknologi pendidikan mempermudah untuk memperoleh informasi dari luar yang data membantu kita dalam menghadapi masalah.
h.      Teknologi pendidikan dapat mempertinggi proses dan hasil belajar yang berkenaan dengna tarf piker siswa.
  1. Tantangan teknologi pendidikan di era globalisasi:
a.       Keterbatasan Human Skill dalam menguasai teknologi pendidikan
b.      Kendala dengan biaya atau efisiensi
c.       Kemajuan teknologi pendidikan diiringi dengan dekodensi moral
d.      Kurangnya sosialisasi teknologi pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan
e.       Tantangan psikologi yaitu kondisi psikologi seseorang dapat memhambat proses komunikasi baik dari sisi keantusiasan, komunikasi, rasa percaya dii, dan daya tangkap.
f.       Tantangan cultural, yaitu budaya suatu daerah sring berbeda dengna daerah lain. Jika dalam proses komunikasi kurang adanya pemahaman maka akan menyebabkan terhambatnya komunikasi.
g.      Tantangan lingkungan, yaitu lingkungan yang kondusif memiliki peran yang penting dalam proses belajarmengajar agar proses komunikasi belajar dapat berjalan dngan baik.
Prospek teknologi pendidikan di era globalisasi merupakan bentuk harapan dan penerapan teknologi pendidikan di masa dating dalam era globalisasi. Sedangkan tantangan teknologi pendidikan di era globalisai adalah suatu bentuk problematika yang ahrus di hadapi di era globalisasi.
Jadi, ptospek dan tantangan teknologi pendidikan di era globalisasi merupakan suatu bentuk harapan dalam menghadapi problematika teknologi pendidikan serta pengaplikasikannya si era globalisasi.   
Daftar Pustaka
Arif AM, M., 2010, Teknologi Pendidikan, Stain Kediri Press, Kediri
Munadi, Yudhi., 2008, Media Pembelajaran: sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press, Ciputat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar