Kamis, 17 November 2011

Peranan Teknologi Pendidikan dalam Transformasi Pendidikan




Teknologi pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks dan integrative yang meliputi manusia, alat dan sisitem termasuk diantaranyagagasan, prosedur dan organisasi. Pendidikan  sepanjang sejarahnya selalu bersifat antisipatif, yaitu mempersiapkan peserta didik agar dapat melaksanakan peran dan tugas hidup dan kehidupannya di masa depan karena pada masa depan banyak sekali perubahan sehingga diperlukan adanya tranformasi pendidikan. Oleh karena itu teknologi pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya transformasi pendidikan.
Adapun dasar yang diperlukan dalam pertimbangan trnsformasi pendidikan adalah:
1.      Belajar menyelidiki
Meliputi kemampuan seseorang dalam proses dan prosedur intelektual untuk memecahkan masalah akademis maupun prkatis yang dihadapinya.
2.      Belajar mandiri
Berupa pengarahan dan pengontrolan diri dalam memperoleh dan menggunakan pengetahuan yang ia dapat. Ini sangat penting kerena keberhasilan dalam kehidupan akan diukur dari kesanggupan berfikir dan bertindak  sendiri dan tidak tergantung pada orang lain.    
3.      Belajar struktur bidang studi
Materi dalam bidang studi berkembang sejalan dengan perkembangan pengetahuan. Karena kemampuan manusia terbatas. Sedangkan informasi terus bertambah maka cara lebih bermakna adalah mampu mempelajari gagasan umum yang dijadikan dasar dalam menyusun, menafsirkan, dan memperkirakan struktur bidang studi.
4.      Keanekaragaman sumber
Pada awal kebudayaan, manusia memperoleh pendidikan dari alam alam sekitarnya. Namun dalam perkembangnnya ada orang yang memberi wewenang pendidikan, dalam hal ini dapat disebut dengan guru. Namun perlu didingat bahwa guru itu bukan satu-satunya sumber untuk memeproleh pendidikan.
5.      Ekonomi pendidikan
Pendidikan merupakan sutu proses yang menciptakan hasil. Tidak mungkin terbebas dari pertimbangan ekonomi ditinjau daripembiayaan guru yang memerlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu harus digunakan seefektif dan seefisien mungkin. Dan dalam penggunaan sumber-sumber lain pun harus dipertimbangkan biayanya.
Teknologi pendidikan secara konseptual berperan dalam pembelajaran manusia dengan mengembangkan dan menggunakan aneka sumber. Adapun bentuk pelaksanaan peran teknologi pendidikan dapat dibedakan menjadi tiga kategori:
1.      Pengembangan system belajar, pembelajaran yang inovatif. Kategori ini meliputi pengembangan berbagai pola pembelajaran alternative
2.      Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses belajar. Kategori nin meliputi pengembangan proses belajar jarak jauh dengan sarana telekomunikasi, belajar dengan bantuan computer dan pengembangan system belajar melalui jaringan maya untuk semua jalur, jenis pendidikan.
3.      Peningkatan kinerja SDM agar lebih produktif. Kategori ini ditujukan untuk peningkatan kemampuan berkarya dalam masyarakat/dunia lapangan kerja.
Untuk melaksanaan peran tersebut diperlukan serangkaian prasyarat sebagai berikut:
1.      Adanya dukungan moral dan kebijakan yang memberikan tumbuhnya prakarsa masyarakat dan warganya.
2.      Adanya dukungan personel
3.      Adanya dukungan dana
4.      Adanya dukungan sarana dan prasarana.

Daftar Pustaka
Arif AM, M., 2010, Teknologi Pendidikan, STAIN Kediri Press, Kediri
Nuryatno, Agus., 2011, Madzab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi Pengetahuan Politik dan Kekuasaan, Resist Book, Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar